Aksi Afirmasi Penggunaan dan Pembelian Produk dalam Negeri



Business Matching Tahap III, dimaksudkan untuk mempertemukan permintaan belanja pemerintah dengan suplai dari produsen dalam negeri sehingga kebutuhan belanja pemerintah dapat dipenuhi oleh produsen dalam negeri yang akhirnya dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Sebagai tindak lanjut dari forum Business Matching Tahap I yang diselenggarakan pada tanggal 22-24 Maret 2022 di Bali dan Business Matching Tahap II pada tanggal 11-21 April 2022 di Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Kesehatan ditunjuk sebagai penyelenggara Temu Bisnis Tahap III dalam rangka Aksi Afirmasi Penggunaan dan Pembelian Produk Dalam Negeri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Business Matching Tahap III berlangsung di Jakarta Convention Center, Jakarta, pada tanggal 23-27 Mei 2022.

Terdapat empat tujuan pelaksanaan Business Matching Tahap III ini, yaitu merealisasikan belanja program negeri sebesar minimal Rp400 triliun di akhir bulan Mei 2022, dalam arti telah terkontrak, karena terdapat batas waktu belanja hingga Desember 2022. Kedua, mendapatkan gambaran dan informasi mengenai kebutuhan Kementerian atau Lembaga, Pemerintah Daerah (Pemda), dan BUMN, serta ketersediaan dan pasokan sesuai kebutuhan, termasuk dukungan perguruan tinggi dan sekolah vokasi dalam melakukan inovasi produk yang berkualitas dan memiliki daya saing. Tujuan ketiga adalah memeroleh gambaran dan informasi mengenai realisasi belanja Kementerian atau Lembaga, Pemda, dan BUMN dalam mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia. Keempat, memperoleh gambaran informasi produk-produk yang belum dapat dipenuhi oleh produsen dalam negeri dan belum terdapat substitusi lokalnya.

Acara puncak dari Business Matching Tahap III tersebut, berlangsung pada tanggal 30-31 Mei 2022, berupa proses temu bisnis, penandatanganan komitmen, pameran, dan gelar wicara.

Quadra Berpartisipasi Dalam Aksi Afirmasi Penggunaan dan Pembelian Produk dalam Negeri


Pada acara puncak Business Matching Tahap III tersebut turut diikuti oleh sejumlah BUMN dan UMKM dari sektor pertanian, alat kesehatan, TI, dan kuliner. Juga 58 perusahaan industri farmasi dan alat kesehatan, serta 5 asosiasi bidang konstruksi, termasuk Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) di mana Quadra menjadi salah satu anggotanya. Teknologi mutakhir yang dimiliki Quadra memampukannya menciptakan
sintered stone slab berkualitas dengan ukuran ekstra lebar yang menarik perhatian pengunjung di dalam pameran tersebut. Selain itu, Quadra juga bangga sebagai yang pertama di Indonesia di dalam industri batu sinter.