Quadra pada Bangunan Residensial Berkonsep Modern Minimalis



Quadra pada Bangunan Residensial – Minimalisme telah sangat populer selama bertahun-tahun bukan hanya sebagai sebuah filosofi desain tetapi juga gaya hidup.

Arsitektur berkonsep minimalis menampilkan desain yang menonjolkan kesederhanaan – kesederhanaan bentuk, ruang, material, detail, dan juga warna. Dalam desain minimalis diperlukan kehati-hatian dan perhatian cermat untuk menciptakan tampilan ruang yang tetap lega namun tidak membosankan meskipun hanya sedikit menampilkan elemen dekoratif. Detail yang sederhana, polos, dan material sederhana yang membuat minimalis begitu menarik.

Konsep yang sama diterapkan oleh JWRA Studio dalam mendesain sebuah bangunan hunian di Solo, Jawa Tengah. Sebuah bangunan hunian yang menghargai ketenangan, kehangatan, dan keindahan yang terpancar dari kesederhanaan. Joas Wicaksono, pendiri JWRA Studio, menceritakan kepada Quadra mengenai desain yang ia ciptakan untuk rumah tersebut dan juga elemen Quadra yang digunakan untuk mendukung desainnya tersebut.

Menurut Joas Wicaksono, struktur yang ia desain dan bangun harus memiliki tampilan yang indah dengan setiap ruang yang dapat dinikmati, dapat dirasakan. Suatu suasana harus tercipta. Suasana tersebut bisa diciptakan oleh elemen-elemen alami, seperti kayu atau batu alam. Sayangnya material alami tersebut semakin sulit didapat, maka dibutuhkan material pengganti yang mampu menciptakan tampilan indah dan juga suasana di dalam ruang. Batu sinter Quadra menjadi material yang ia gunakan.

 

Quadra pada Bangunan Residensial

 

Tampak Pietra Grigio dan Statuario Bianco dari Quadra diaplikasikan pada lantai bangunan residensial seluas 300 meter persegi yang selesai dibangun pada tahun 2021 tersebut. Pietra Grigio memiliki desain marmer berwarna kelabu dengan sentuhan warna tanah dan alur guratan samar memanjang. Sementara Statuario Bianco memiliki desain serupa marmer putih dengan guratan kelabu samar. Dua desain batu sinter Quadra tersebut memberikan detail pada ruang tanpa tampil terlalu menonjol.

Joas Wicaksono mengungkapkan bahwa material Quadra yang ia aplikasikan tersebut mampu menciptakan suasana ruang yang dapat dinikmati. Secara visual menyerupai batu alami dan juga memiliki feel seperti batu alami. Pengaplikasian Quadra juga memberikan sentuhan keeleganan, warna dan pola desainnya menyatu dengan desain bangunan hunian tersebut. Joas juga menyatakan bahwa suatu kebanggaan untuk dapat menggunakan produk buatan dalam negeri dengan kualitas berstandar internasional. Last but not least, dimensi batu sinter Quadra memudahkannya dalam pengaplikasian.

Apakah Anda terinspirasi untuk melakukan renovasi atau membangun hunian bergaya modern minimalis seperti rumah Solo di atas? Pastikan untuk mempertahankan kesederhanaan dalam bentuk, detail, dan juga warna. Pastikan juga setiap ruangnya tampil clean tanpa terlalu banyak aksesoris dan dekor, memiliki layout yang terbuka agar cahaya natural yang melimpah dapat masuk ke dalam ruang dengan leluasa. Penggunaan material yang menarik secara visual, memiliki tekstur atau motif dengan warna senada dengan warna bangunan perlu ditambahkan untuk menghilangkan kesan terlalu polos yang membosankan. Quadra menjadi opsi yang sempurna.